Mengapa AC Mobil Tidak Dingin ?

Bengkel AC Mobil di Denpasar, Tukang AC Mobil di Denpasar, Service AC Mobil di Denpasar, Tukang Service AC Mobil di Denpasar, Bengkel AC Mobil Panggilan di Denpasar, Tukang AC Mobil Panggilan di Denpasar, Tukang Service AC Mobil Panggilan di Denpasar Bali.

Kami "Bengkel AC Mobil di Denpasar" pada kesempatan ini akan mengulas sedikit tentang AC mobil yang tidak dingin atau AC mobil yang kurang dingin.  

AC mobil panas atau tidak dingin bisa menjadi masalah serius saat kita sedang mengendarai mobil, apalagi dengan temperatur suhu udara di luar kabin mobil secara alami sangat panas. AC tidak dingin atau pun kurang dingin memang relatif, kenapa ? 

Karena dingin atau tidaknya AC mobil terkadang juga tergantung dari temperatur atau suhu udara di luar kabin atau suhu di luar mobil. Berdasarkan pengamatan kami, kebanyakan perbedaan suhu di luar dengan di dalam kabin memiliki selisih kira-kira 10 derajat celsius. Dengan kata lain kalau suhu diluar kabin terukur 32 derajat celsius, maka sudah cukup dingin kalau suhu di dalam kabin berkisar 20 sampai 22 derajat celsius. Begitu juga ketika pengukuran suhu di lakukan untuk ac mobil yang dalam kondisi normal, ketika pengukuran di lakukan di mobil yang sama pada malam hari. Ketika temperatur atau suhu diluar menunjukan 26,8 derajat celsius,dibandingkan pengukuran suhu di dalam kabin [bukan di grill ac di dashboard] bisa mencapai 14 sampai 16 derajat celsius. Untuk pengukuran suhu AC mobil biasanya dilakukan di grill ac didashboard, ini bertujuan untuk mengetahui kapan saat temperatur cut off atau on off dari kompressor ac. 

Untuk catatan juga, kendaraan yang AC mobilnya masih baik akan terukur suhu di grill AC antara 6 derajat celsius off kompressor dan 8 derajat celsius untuk on kembali. Akan terasa kurang dingin  jika suhu pada grill ac hanya sanggup mencapai 9 derajat celsius.
Mungkin di antara kita bertanya kenapa AC mobil saya tidak dingin ya ? 

Silakan anda perhatikan beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebab dari mengapa ac mobil anda tidak dingin.
Berikut adalah cara mendeteksi beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin atau kurang dingin:

1. Drive Belt Putus.
Drive belt atau bahasa umumnya kita kenal dengan fan belt AC putus sudah barang tentu akan menjadi penyebab AC tidak dingin karena fan belt ini bertugas untuk menyalurkan putaran mesin untuk putaran kompresor AC.

2. Freon kurang atau habis.
Freon berkurang seringkali menjadi penyebab utama ac mobil kurang dingin, berkurangnya freon AC terjadi karena kebocoran pada sistem ac. 

Bocornya freon yang terlalu kecil dan hanya terjadi  pada tekanan tertentu misalnya pada 120 psi pada tekanan tinggi, pada tekanan tersebut ada kemungkinan bocor berhenti, sehingga freon tidak sampai habis sama sekali. Kebocoran seperti ini sering di temui pada seal o ring pada sambungan-sambungan pipa ac serta pada seal saft kompressor atau pun pada relief valve pada kompressor, tapi pengaruhnya ac bisa kurang dingin.Sedangkan kalau freon habis sudah jelas akan menyebabkan ac mobil tidak dingin.

3. Kondensor dan Radiator kotor.
Permukaan kondensor atau radiator yang kotor karena debu, karatan, atau sirip pada permukaan yang tertekuk akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak sempurna. Hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingi atau bahkan tidak dingin.

4. Motor Cooling Fan Mati, Putaran lemah atau putaran terbalik 
Jika motor cooling fan ataupun extra fan terganggu dengan ditandai putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik. Begitu pula jika  putaran motor cooling fan terbalik dalam artian arah angin yang di hembuskan mengarah kedepan mobil.

5. Field Coil atau spul magnetic clutch putus.
Spul magnetic clutch jika mati, putus, atau terbakar, menyebabkan temprature asembly [center piece] tidak terhubung dengan puli kompressor AC yang ikut berputar dengan mesin. Dan akan terlihat kompresor AC tidak berputar saat AC dihidupkan.

6. Tekanan dalam sistem AC Mobil berlebihan.
Tekanan pada system AC berlebihan berkaitan dengan point [3] kondensor dan radiator kotor diatas akan menyebabkan over heat pada system AC, sehingga High Pressure Switch bekerja dan memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch. Atau untuk kompressor AC yang di lengkapi temperature switch jika over heating terjadi, maka temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan memutus arus listrik menuju spull magnetic clutch.

7. Kelebihan oli kompressor.
Pada system Ac mobil memiliki volume atau ruang yang tetap, jika kompressor kelebihan oli maka ruang untuk freon akan berkurang, artinya jika sebuah mobil sedan membutuhkan freon seberat 0,40 kg dengan kelebihan oli kompressor maka jika 0,40 kg freon bisa masuk semua ke system ac, akan menyebabkan tekanan berlebihan. Dan jika menyesuaikan tekanan agar sesuai dengan spesifikasi standar harus mengurangi jumlah freon yang masuk, beruntung kalau hasilnya AC kurang dingin. Karena terkadang tidak mau dingin sama sekali.

8. Kompressor Aus.
Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan tekanan tidak normal, timbul bunyi dari kompresor saat AC dihidupkan dan saling berkaitan jika kompressor AC aus, bebrapa hal yang diakibatkan adalah pada sigh glass terlihat hitam, receiver driyer dan katup expansi tersumbat.

9. Evaporator Kotor atau tersumbat. 
Kotoran yang terdapat pada permukaan evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower kemudian menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara yang dihembuskan oleh blower AC tersumbat dan akan kita rasakan angin AC yang kurang kencang dari biasanya. Bisa juga disebabkan karena filter AC yang penuh debu karena kita lupa membersihkannya.

10. Saluran Buang Air Kondensasi Tersumbat.
Jika saluran buang air kondensasi tersumbat oleh kotoran, pada rumah evaporator akan penuh dengan air yang berasal dari hasil kondensasi pada permukaan evaporator, pada rumah evaporator akan berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil. Selain menyebabkan air menetes dari rumah evaporator, jika air kondensasi memenuhi rumah evap akan mengakibatkan hembusan angin dari blower juga berkurang.

11. Terjadi Overheating.
Over heating atau mesin temperatur tinggi  juga bisa menjadi sebagai penyebab AC mobil tidak dingin yang  juga berhubungan dengan point ketiga [3] dan kelima [5] diatas yaitu kipas radiator atau kipas kondensor mati. 

12. Pemakaian Freon
Pada kasus tertentu pemakaian freon juga ikut berperan menjadi salah satu penyebab ac mobil tidak dingin.

ARTIKEL

Jasa Service Lainnya

Service AC Mobil yang Hembuskan Angin Hanya Ketika Posisi Hight Saja, Pada Posisi 1, 2, dan 3 Tidak Ada Hembusan Angin

Service AC Mobil Sering Tiba-tiba Tidak Dingin Denpasar

Tukang AC Denpasar, Service AC Mobil yang Tidak Hembuskan Angin