Permasalahan Mesin Mobil yang Berakibat Kerusakan Besar

Bengkel AC Mobil di Denpasar, Tukang AC Mobil di Denpasar, Service AC Mobil di Denpasar, Tukang Service AC Mobil di Denpasar, Bengkel AC Mobil Panggilan di Denpasar, Tukang AC Mobil Panggilan di Denpasar, Tukang Service AC Mobil Panggilan di Denpasar Bali.


"Tukang Service AC Mobil di Denpasar" pada kesempatan ini akan mengulas tentang permasalahan mesin mobil yang berakibat kerusakan besar.

Kebocoran oli 
Pada jenis mesin apapun, bocornya pelumas [oli] dapat berakibat pada kerusakan besar. Menurunnya  jumlah oli mesin secara drastis akan menyebabkan gesekan pada komponen yang bergerak akan meningkat sehingga berdampak pada peningkatan suhu mesin [overheat] dan keausan luar  biasa.

Salah satu penyebab kebocoran oli pada mesin mobil adalah kerusakan baut penutup lubang pembuangan oli yang terletak di  bawah mesin akibat terkena benturan di jalan. Memang hal ini jarang terjadi, namun kita perlu memperhatikan indikasi berupa lampu indikator oli di dasbord yang menyala akibat pompa oli kehilangan tekanan. Penyebab lain adalah kebocoran pada sil-sil di mesin. Meski kerusakan semacam ini tidak menyebabkan penurunan jumlah oli secara drastis, namun perlahan tapi pasti akan menyebabkan berkurangnya jumlah oli pada mesin mobil. 

Langkah pencegahannya di antaranya adalah :
  1. Periksa jumlah oli secara berkala.
  2. Jangan menganggap remeh indikator oli yang menyala meski hanya berkedip. 
  3. Segera  periksa jumlah oli agar kerusakan tidak semakin parah.
Overheat 
Bila mesin beroperasi melebihi batas suhu kerjanya, sudah pasti kerusakan komponen akan terjadi. Tetapi pada mesin modern, komputer akan secara otomatis melindungi mesin dengan cara menon-aktifkan mesin secara bertahap. Seperti memberhentikan kerja kompresor AC, lalu  berlanjut ke mode aman [safe mode] hingga saatnya kerja mesin akan dihentikan secara total. Tetapi pada mobil era 1990-an, tentu fitur ini belum tersedia. Anda dapat mencirikannya dengan hadirnya gejala knocking saat berakselerasi dan jarum indikator temperatur yang bergerak menuju batas H.

Langkah pencegahan :
  1. Periksa cooling system dan jumlah oli mesin secara berkala.
  2. Perhatikan indikator suhu ketika gejala knocking timbul.
  3. Segera hentikan mobil ketika gejala overheat terjadi.
Water Hammer
Terhisapnya air ke dalam ruang bakar [water hammer] merupakan salah satu problem dengan efek kerusakan terbesar. Air yang  jauh lebih padat dari udara, bila sampai memenuhi ruang  bakar, tentu tidak dapat ditekan saat langkah kompresi. Dalam kondisi katup tertutup, tekanan air yang terjadi akan menghancurkan komponen terlemah di ruang bakar yakni piston.

Langkah pencegahan :
  1. Ketahui ketinggian saluran masuk udara di mobil sebelum melewati genangan air.
  2. Jangan coba-coba menghidupkan mesin jika mati di tengah banjir.
  3. Buka busi lalu start mesin untuk mengeluarkan air di ruang bakar.

Knocking pada mesin Turbocharger 
Tekanan tinggi di ruang bakar pada mesin yang dilengkapi alat pemasok udara paksa seperti turbocharger atau supercharger membuat beban piston menjadi sangat tinggi. Itu sebabnya piston bisa mengalami kerusakan seketika bila mesin sampai mengalami gejala knocking. Pembakaran dini sebelum waktunya akan membuat piston bergetar hebat dan suhu di ruang  bakar meningkat secara drastis. Penyebabnya tentu bermacam-macam, mulai dari kegagalan kinerja cooling system, penyetelan tekanan turbo atau supercharger yang berlebih, hingga kualitas bahan bakar yang tidak sesuai kebutuhan.

Langkah pencegahan :
  1. Gunakan bahan bakar berkualitas dengan kadar oktan minimal 95.
  2. Periksa cooling system secara berkala, termasuk komponen-komponennya seperti kipas elektrik, thermoswitch, dan lain-lain.
Timing Belt 
Fungsi timing belt adalah sebagai penyelaras putaran kruk as dan katup sehingga keduanya tidak  berbenturan. Jadi akan fatal akibatnya bila belt yang menghubungkan kedua mekanisme ini putus secara tiba-tiba. Kerusakan komponen jelas tak terelakkan lantaran piston akan menumbuk katup yang berada dalam posisi membuka. Bila hal ini terjadi dalam putaran mesin tinggi, memungkinkan pecahnya blok mesin akibat  benturan yang terjadi berkali-kali. Namun hal ini dapat diminimalisir bila anda selaku  pengendara langsung mengetahui kerusakan yang terjadi, sehingga tidak mencoba menghidupkan mesin kembali.

Langkah Pencegahan :
  1. Ganti timing belt secara berkala sesuai rekomendasi pabrik atau buku manual.
  2. Percepat penggantian timing belt bila mobil sering melewati jalan macet.
Ac mobil hanya keluar angin artinya hanya blower ac mobil yang bekerja untuk sirkulasi udara di dalam kabin. Tetapi perlu juga kita tahu penyebab jika ac mobil hanya keluar angin saja dan tidak ada hawa dinginnya. 

Ac mobil hanya keluar angin disebabkan karena kompresor ac mobil tidak berputar untuk mensirkulasikan refrigerant dalam sistem ac mobil.

Sebab utama ac mobil hanya keluar angin adalah karena kompresor ac tidak berputar saat ac dihidupkan yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah:
  1. Freon habis karena terdapat kebocoran dalam sistem ac.
  2. Magnetic clutch pada kompresor ac rusak
  3. Puli kompresor ac tidak berputar karena belt putus atau macet pada bearing.
  4. Celah center piece kompresor ac terlalu lebar sehingga medan magnet tidak sanggup menarik center piece.
  5. Peraba suhu evaporator atau thermostat ac atau thermistor cooler rusak.
  6. Relay magnetic clutch rusak.
  7. Sekring ac putus karena short pada magnetic clutch
  8. Pengatur suhu ac di dashboard yang berupa resistor variable rusak
  9. Pada mobil injeksi terkadang kerusakan pada throttle position sensor [TPS] bisa menjadi penyebab kompresor ac tidak berputar.
  10. Temperatur tinggi pada mesin mobil juga seringkali menjadi penyebab kompresor ac tidak berputar dan ac panas atau tidak dingin hanya keluar angin dari dashboard.
Itulah beberapa penyebab ac mobil hanya keluar angin dari dashboard, semoga  bermanfaat.

Magnetic clutch [spul]
Magnetic clutch berfungsi untuk memutar kompresor AC mobil, sehingga jika kerja magnetic clutch tidak maksimal, maka tentu akan mengganggu putaran maupun kerja kompresor AC.  Dan akhirnya akan berakibat pada kurang dinginnya hembusan udara AC yang masuk ke dalam kabin kendaraan.

Magnetic clutch sering mengalami kerusakan dan mengganggu sistem AC mobil anda.  
Berbagai macam penyebab sehingga magnetic clutch tidak bekerja dengan sempurna.
Berikut daftar harga dan kerusakan yang ditimbulkan oleh magnetic clutch. Namun kebanyakan dari mereka selalu keliru mendeteksi kerusakan sistem AC. Kurang dinginnya hembusan udara blower AC mobil tidak selalu disebabkan oleh kurangnya aliran freon. Salah satu penyebabnya adalah adanya kerusakan pada magnetic clutch. 

Seperti namanya bahwa magnetic clutch ini terdiri dari kumparan kabel tembaga atau sering disebut spul dan jika di aliri arus listrik [aki ] akan menimbulkan medan magnet. 

Dalam keadaan AC mati puly [roda ] kompresor AC terus berputar mengikuti putaran mesin. Dan jika AC di hidupkan, maka puly akan memutar kompresor AC, dengan demikian sistem AC mobil bekerja. Itulah sebabnya kenapa saat AC dihidupkan akan berdampak pada kenaikan pemakaian bahan bakar.
Hal ini disebabkan oleh kerja mesin yang bertambah karena di bebani oleh putaran kompresor AC.

Harga magnetic clutch lumayan mahal. Secara umum semakin besar kompresor AC tentu akan semakin mahal harga magnetic clutch. 

Anda dapat membeli magnetic clutch ini di toko-toko khusus yang menjual onderdil mobil.  Berbagai kerusakan dalam sistem AC mobil selalu berdampak pada kurang dinginnya ruang dalam kabin mobil. Kesalahan mendeteksi kerusakan pada sistem AC mobil anda justru akan menambah biaya perbaikan sistem AC. 

Kerusakan pada magnetic clutch paling sering terjadi pada : 
  • Sistem kabel putus.
  • Karbon habis atau sudah terkikis.
  • Kerusakan pada AS kompresor.
  • Fan belt sudah termakan usia.
Karena kurang sempurnanya kinerja magnetic clutch akan berdampak pada kinerja kompresor AC mobil anda.

Pengaruh Kerusakan pada packing Cylinder Head [Silinder Cop]

Selama temperature mesin mobil dalam kondisi normal, pengkondisian udara [heater maupun AC ruangan dalam mobil akan normal juga. Kerusakan pada Packing Cylinder Head pada mesin mobil merupakan isu yang harus kita ketahui sebagai mekanik AC mobil. 

Overheating [panas yang berlebihan] pada temperature mesin mobil dapat menyebabkan kerusakan pada packing cylinder head. Demikian juga sebaliknya jika packing cylinder head rusak akan mengakibatkan overheating pada mesin. Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada packing ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana sistem kerjanya.

Packing ini berfungsi sebagai seal yang membatasi ruang pembakaran gas tekanan tinggi sekitar 1000 psi pada suhu 600F. Dimana pada sisi yang berlawanan dilewati oleh pendingin [air radiator] dengan tekanan kerja sekitar 30 psi dan suhu sekitar 250F. Disamping itu juga sebagai seal untuk oil yang mempunyai tekanan 140 psi pada saat awal mesin dihidupkan. Packing ini juga akan menanggung ketiga beban diatas pada saat kondisi udara luar yang extreem [perbedaan suhu panas-dingin yang besar dan juga cepat], pada saat beban mesin yang overload, dan kondisi temperature udara yang sangat panas. Oleh sebab itu adalah hal yang wajar apabila packing ini mempunyai masa pemakaian yang terbatas, dengan melihat beban kerja yang harus ditanggungnya.

Beberapa hal yang bisa merusak gasket/packing cylinder head adalah sebagai berikut :

Panas mesin yang berlebihan.
Panas mesin yang berlebihan menyebabkan memuai-nya mesin, dimana arah pemuaiannya ke segala arah. Pemuaian ini menekan packing sehingga dapat menghancurkan beberapa tempat  pada bagian luarnya. Seiring dengan waktu, packing tersebut akan pecah-pecah dan menyebabkan fungsinya tidak optimal lagi.

Kerusakan pada Radiator.
Kerusakan pada radiator dapat menyebabkan timbulnya overheating pada mesin yang pada akhirnya dapat mempercepat rusaknya gasket/packing pada cylinder head. Radiator yang tersumbat dapat dengan mudah diketahui dari aliran air/coolant yang tidak normal.

Kerusakan pada radiator yang sering diabaikan adalah terjadi kerak-kerak pada radiator yang mana dapat menghambat keluarnya panas sehingga transfer panas menjadi tidak efisien.

Aliran udara.
Banyak kesalahan yang kadang diabaikan, yaitu masalah aliran udara. Sirkulasi udara pada radiator sangatlah diperlukan. Kadang orang menambah atau bahkan mengurangi ruang disekitar mesin sehingga sirkulasi udara tidak normal lagi yang menyebabkan pendinginan di radiator menjadi tidak optimal. Misalnya tudung kipas radiator, yang kadang karena sudah rusak tidak diganti dengan yang baru.

Air Radiator/coolant Berkurang.
Kita sering mengalami harus menambah air radiator setiap perjalanan 5000 miles. Kemana larinya air tersebut ? 
Terjadi penguapan, Air tersebut masuk kedalam cylinder mesin melalui packing/gasket yang sudah pecah/rusak. 

Jika kita sering lupa mengontrol air tersebut sehingga sampai habis terjadilah overheating sehingga menambah besar kerusakan pada gasket/packing cylinder head tersebut.

Jika AC dihidupkan, mesin menjadi panas.
Jika AC dihidupkan dan mesin cepat panas hal ini disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian pendinginan mesin. Misalnya ada penyumbatan pada radiator atau adanya kotoran/kerak  pada radiator atau rusaknya packing cylinder head.

Mencegah Kerusakan pada Gasket Cylinder Head.
  1. Gantilah air radiator/coolant sesuai yang direkomendasikan pabrik mobil untuk mencegah terjadinya kerak dan kotoran serta periksa PH secara berkala.
  2. Pastikan bahwa system pendingin bekerja dengan baik, sirkulasi coolant dan bagian luarnya.
  3. PH harus diperiksa untuk mencegah korosi.
  4. Pastikan water pump dapat bekerja normal dan tidak ada kebocoran pada sambungan-sambungan slang.

Tanda-tanda Packing Cylinder Head Rusak
  1. Terjadi panas berlebih dan coolant sering habis.
  2. Ada air/coolant didalam oil mesin atau sebaliknya ada oil didalam air/coolant radiator.
  3. System pendingin tidak dapat menahan tekanan.Dapat diperiksa dengan menggunakanalat test tekanan sampai 20 psi.

Kesimpulan
Sering kali bengkel AC mobil disalahkan setelah memperbaiki AC mobil, teryata temperature mesin naik diatas 1/2 lebih dari pembacaan indikator. Padahal hal ini disebabkan karena adanya kerusakan pada gasket/packing cylinder head dari mesin. Seberapa besar tingkat kerusakan gasket tersebut juga menentukan seberapa besar temperature mesin yang dapat dilihat pada indikator temperature mesin. 

Sering, pemilik mobil mengatakan bahwa mesin baru di over haul. Kesalahan pemasangan gasket cylinder head akhirnya dilimpahkan kepada kita sebagai bengkel AC mobil. Dengan adanya tulisan ini diharapkan mekanik/bengkel AC mobil tidak takut lagi memberikan alasan yang rasional tentang pekerjaan yang dilakukan dan pekerjaan tersebut tidaklah mempengaruhi kerja mesin kecuali memang mesinnya bermasalah.

SERVICE


Jasa Service Lainnya

Service AC Mobil yang Hembuskan Angin Hanya Ketika Posisi Hight Saja, Pada Posisi 1, 2, dan 3 Tidak Ada Hembusan Angin

Service AC Mobil Sering Tiba-tiba Tidak Dingin Denpasar

Tukang AC Denpasar, Service AC Mobil yang Tidak Hembuskan Angin